Sabtu, 20 Juni 2009

TIPS MEMILIH PERGURUAN TINGGI


Oleh: Primajayanti     06104244059

Memilih perguruan tinggi merupakan hal yang susah-susah gampang.banyak yang harus dipertimbangkan baik dalam diri sendiri,keluarga maupun lingkungan.
Hal yang harus dipertimbangkan seperti:

Minat
Minat menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan.orang tua, teman dan keluarga boleh memberikan saran, akan tetapi kita nantinya yang akan menjalaninya, apabila kalian memilih perguruan tinggi sesuai minat maka kalian akan menjalaninya dengan senang hatidan tanpa rasa keterpaksaan

Biaya

Biaya adalah faktor terpenting kedua yang harus diperhitungkan sebelum melakukan pendaftaran. Tanyakan semua biaya sebelum melakukan pendaftaran. Hal ini sangat penting terutama untuk orang tua, karena dalam hal ini, memilih perguruan tinggi juga disesuaikan dengan faktor keuangan dari orang tua.

Prospek(melakukan prediksi)
Ratusan program studi ditawarkan oleh PT bagi para calon mahasiswanya, namun tidak semua menjanjikan prospek pekerjaan yang cerah dimasa mendatang.kita harus membuat prediksi, banyak jurusan yang bergengsi seperti: hukum, ekonomi dan lain sebagainya namun pada kenyataannya banyak sekali angka pengangguran yang berasal dari jurusan tersebut.

Reputasi

PT ini dikenal sebagai PT yang baik,memiliki sarana belajar yang baik,fasilitas memadai.

Status akreditasi
Status akreditasi menunjukkan mutu atau kemampuan PT dalam menyelenggarakan suatu program studi.

Jalur dan jenjang pendidikan
jalur dan jenjang Sarjana atau diploma

Fasilitas pendidikan
Jangan hanya tampilan fisik yang perlu diperhatikan.

Kualitas dan Kuantitas dosen
Sebelum mandaftar,cobalah untuk mencari tau jumlah dosen tetap di PT tersebut.karena tidak jarang banyak PT sekarang ini terdapat dosen yang tidak tetap (terbang), tidak hanya mengajar pada satu PT saja dan berpindah-pindah. Hal ini harus diperhatikan dan diprtimbangkan. Karena kualitas dosen juga sangat mempengaruhi proses pengajaran kita dan berhasil atau tidaknya kita dalam perkuliahan.

Bakat dan kemampuan
Ukurlah bakat dan kemampuanmu sendiri.

Sumber: www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar