Kamis, 25 Juni 2009

ATUR SRATEGI SEBAGAI LANGKAH SUKSES

Langkah meraih kesuksesan perlu diatur setiap awal tahun. Karena hal itu penting untuk menunjang keberhasilan planning yang kita buat. Apa saja yang perlu kita lakukan dan rencana apa yang perlu disiapkan.

Evaluasi Diri

Untuk mengatur srategi perlu mengevaluasi diri dulu. Kalau ini tak dilakukan, maka rencana hanya kosong saja dan bakal berantakan.

Putar kembali beberapa kegagalan yang kemarin kita lakukan. Lalu cari penyebabnya. Jangan mencari alasan bahwa kegagalan itu berasal dari orang lain. Tapi perlu dari dari kita sendiri. Misalnya, kita gagal memenangkan lomba penulian scenario film, karerna kurang focus dan terburu-buru asal jadi saja. Nah, kekurangan kita yaitu terburu-buru dan tidak focus, bisa kita usahakan agar hal itu tidak terjadi lagi di masa depan. Dan ini tidak hanya menyangkut masalah ikut lomba, namun juga bidang yang lain dalam keseharian kita.

Siap Tempur

Siap tempur berarti juga mempersiapkan diri nutuk berkorban dalam meraih cita-cita. Misalnya saja, kita siap larut malam karena magang di perusahaan yang menetapkan kerja lembur. Atau kita haus tetap ramah dan pasang muka cerah padahal capeknya setengah mati didepan klien kita.

Siap dengan keuangan yang diperlukan untuk menggapai impian kita. Misalnya kita ingin mengikuti kursus pendukung lainnya. Jadi, pikirkan segi financial untuk merealisasikan hal tersebut.

Tetapkan Target

Tuliskan semua targetmu, dari yang paling kecil hingga yang paling tinggi untuk diraih pada masa-masa didepan mata. Misalnya saja, kedepan ini akan lebih disiplin, lebih bersemangat, lebih detail melakukan sesuatu dan seterudnya

Lalu lanjutkan dengan target besar maupun yang utama. Misalnya saja, akan magang diperusahaan otomotif, lulus S1 dan semacamnya lagi

Tentu saja target ini yang sesuai dengan kemampuan maupun minat kita. Setelah itu, pikirkan step-step yang harus dilakukan untuk meraih hal itu.

Rencanakan factor-faktor pendukung yang bisa dimanfaatkan untuk meraih target kita

Pikirkan resiko yang mungkin terjadi dan bagaimana mengatasi hal tersebut

Jangan lupa menyiapkan rencana lain kalau sampai impian kita ini gagal total. Kesuksesan selalu ada mesti apa yang kita impikan meleset dari harapan. Kita bisa banting setir dan melihat peluang lain yang tiba-tiba muncul saat kegagalan menghadang. Jadi, tetap optimis.

Kemungkinan ke Depan

Kecuali perencanaan dan stategi meraih impian, bayangkan juga diri kita di depan sana. Misalnya saja, kita bisa ssukses meraih S1, lalu apa yang harus kita lakukan dengan hal ini. Atau kita berhasil menjadi tim marketing sebuah produk, lalu apa yang harus kita laksanakan lagi.

Membayangkan langkah kedepan yang lebih jauh dari apa yang kita targetkan, bukan hal sia-sia. Sebab, kadang waktu dating begitu cepat sementara kita belum merencanakan apa-apa. Dengan perencanaan yang jauh lebih awal, tentu sukses cepat hinggap di tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar