Selasa, 16 Juni 2009

PEMILIHAN KARIR SESUAI DENGAN POTENSI YANG DIMILIKI


Oleh: Meiti Mailani S      06104244035

Sudah tahu mau memilih Apa??

Salah satu hal yang penting dilakukan pada masa remaja adalah memilih karir dan bersiap untuk memasuki dunia kerja. Ini dimulai dengan memilih jurusan atau program pendidikan yang sesuai dengan bidang pekerjaan atau karir yang kelak di senang. Sebenarnya “memilih karir” kenapa dan untuk apa? memilih karir atau pekerjaan merupakan sebuah proses membuat keputusan yang berlangsung terus menerus. Dalam proses ini kita memperkirakan atau memperhitungkan berulang-ulang bagaimana kita dan lingkungan kita. Tujuan supaya kita bisa menikmati pekerjaan kita, sehingga kita menjalankannya dengan baik serta merasakan kepuasan besar dalam menajalaninya.

Masalahnya sekarang, seringkali kita bingung mau memilih yang mana, ragu bahkan sama sekali blank tidak punya pilihan apa-apa. Atau mungkin juga tahu mau memilih apa tetapi merasa tidak berbakat di bidang itu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa membuat pilihan yang bijaksana diantaranya

Pemahaman tentang diri sendiri

Bakat yang dimiliki, kemampuan-kemampuan, minat atau kesukaan, ambisi atau keinginan atau cita-cita, sumber daya, keterbatasan atau hambatan-hambatan dan penyebab-penyebabnya.

Pemahaman tentang aneka macam pekerjaan yang ada

Apa saja persyaratannya atau kemampuan yang diperlukan dalam pekerjaan itu, keuntungan dan kerugiannya, imbalannya, kesempatan dan prospeknya, dikemudian hari.

Kecocokan antara keduanya

Perpaduan antara pemahaman tentang diri sendiri dan pemahaman tentang aneka macam pekerjaan yang ada sehingga lebih mudah untuk dapat memilih karir yang cocok pada diri anda.

Untuk bisa memahami diri sendiri

Langkah pertama

Bisa dilakukan dengan mencermati diri sendiri, misalnya dengan mengingat-ingat pengalaman yang dialami yang bisa menunjukkan bagaimana dengan pengalaman tersebut. Dapat juga dengan bertanya sama orang disekitar kita tentang apa yang melihat ada pada diri sendiri. Selain itu, memahami diri dengan ikut tes minat dan bakat yang bisa mengukur apa minat dan bakat-bakat yang ada pada diri.

Langkah kedua

Cari tahu tentang berbagai jurusan pendidikan atau bidang pekerjaan yang ada. Hal ini bisa dilakukan dengan bertanya pada orang lain yang tahu atau yang berkecimpung dibidangnya. Dan seharusnya juga pada ibu guru BK (Bimbingan Karir) yang ada pada sekolah.Cara lain dengan banyak membaca dan cari tahu, info dari media masa.

Langkah ketiga

Mencocokkan antara apa yang ada pada diri dengan tuntunan bidang atau pekerjaan yang ada. Pertimbangan alasan-alasan yang tepat yang menghubungkan antara kedua hal tersebut keliatan bergengsi tapi ternyata tidak cocok atau sesuai dengan minat dan kemampuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar